Tags

, , , , , , , , , , ,

Musim liburan sudah tiba. Mama-mama pasti juga mau kan menikmati liburan bersama keluarga. Beragam tempat tujuan wisata dengan bermacam kegiatan pasti sudah terbayang di angan-angan.

Begitu pula dengan saya.  Meski sedang hamil sekaligus menyusui anak pertama, agenda liburan tetap harus ada. Apalagi di tengah rutinitas sebagai work-at-home-mommy, yang setiap harinya harus bekerja di depan laptop sekaligus mengatur kebutuhan rumah tangga. Liburan jelas menjadi ajang penyegaran dan relaksasi.

Saya memimpikan liburan yang santai sekaligus banyak kegiatan. Istilahnya one stop vacation. Dimana dalam satu tujuan, saya (dan keluarga tentunya) bisa melakukan banyak hal. Bisa menikmati panorama yang indah dengan udara segar dan langit cerah, bisa makan kuliner unik, dan yang paling penting, bisa belanja (duh, ini mak-mak banget yah). Tapi tetep, yang budgetnya masih terjangkau yah. Maklum, kami masih harus menabung untuk persalinan dan mengisi rumah baru.

Akhirnya, setelah browsing sana sini, lokasi liburan impian kami adalah ….(drumroll please)… LOMBOK…

Yup, Lombok sudah mewakili one stop vacation bagi saya dan keluarga. Kami bisa menikmati beragam wisata alam. Dari gunung sampai laut. Air terjun sampai danau. Komplit. Tinggal pilih dan atur-atur waktunya.

Tak hanya itu, di Lombok kami juga bisa mengunjungi desa asli Lombok lengkap dengan rumah tradisonal Sasak hingga pura-pura dan situs-situs peninggalan kerajaan yang pernah menduduki pulau Lombok. Bisa jadi wisata budaya dan wisata sejarah juga. Plus, bisa bertemu penduduk asli Lombok sekaligus bule-bule berbagai Negara. Buat saya, bertemu manusia dari berbagai belahan dunia itu menyenangkan. Selain bisa mengajarkan bisa mengajarkan berbagai keberagaman pada anak, saya juga bisa memperkaya inspirasi dan wawasan. Karena para penduduk asli maupun wisatawan berbagai bangsa pasti memiliki berbagai gaya dan kebiasaan.  Cocok dengan pekerjaan saya yang bersentuhan dengan dunia design. Tidak perlu jauh-jauh keliling dunia kan.

Namanya liburan pasti harus ada acara makan-makan. Lombok memiliki banyak kuliner khas yang unik dan pedas (which I like much). Sebut saja plecing kangkung, ayam taliwang, sate bulayak, sate rembiga, sate tanjung, ares, beberuk terong. Namanya terasa ajaib di telinga yah. Konon unik dan pedasnya bikin nagih. Duh, makin penasaran.

Liburan tentu tidak lengkap tanpa belanja. Agenda belanja menjadi hal wajib bagi mama-mama seperti saya. Lombok punya cinderamata ekslusif, bercitrarasa tinggi dengan harga terjangkau. Dan tentu saja menjadi incaran wanita. Apalagi kalau bukan kain songket dan mutiara. Dua benda ini menjadi incaran saya bila sudah sampai Lombok.

Berhubung saya sedang hamil sekaligus masih menyusui, berbagai persiapan ekstra tentu harus dilakukan agar liburan tetap nyaman namun berkesan. Saya punya beberapa tips buat para mama yang mungkin senasib sepenanggungan dengan saya, agar liburan menyenangkan dan tetap gaya.

  1. Selalu bawa payung, topi, sunglasses, pelembab, antinyamuk dan sunblock. Kita tidak pernah tau kondisi cuaca daerah setempat. Bisa panas, bisa hujan, bisa bernyamuk. Jadi, antisipasi tetap harus ada.
  2. Bawa obat-obatan pribadi dan perlengkapan pribadi anak. Minimal thermometer, paracetamol, oralit, balsam anak, trombophob (salep untuk memar), obat luka dan plester. Kelakuan anak itu ada-ada saja. Minimal kalau ada apa-apa, kita tetap punya kotak P3K.
  3. Kenakan pakaian dan alas kaki yang nyaman. Ini berlaku buat mama, papa dan anak. Usahakan untuk memilih warna-warna yang cerah yah. Supaya mood kita juga ikut cerah. Bagi mama yang sedang hamil dan menyusui seperti saya, koleksi momAmore sangat cocok dan nyaman dikenakan untuk liburan cantik dan gaya.
  4. Jepret jepret. Take any picture everywhere, everymoment, everytime. Tidak setiap hari kan kita berada di lokasi wisata tertentu. Jadi, abadikan setiap moment. Dan usahakan untuk mengambil foto satu keluarga. Lumayan kan, studio outdoor. Special places. Semua anggota keluarga inti berkumpul dengan wajah ceria. Kapan lagi.
  5. Smile anytime anywhere. Kita tidak akan pernah tahu akan bertemu dengan siapa. Akan mendapat kesempatan apa. Jadi, tetaplah tersenyum, agar aura cantik kita ikut terpancar.

Semoga liburan impian saya bisa menjadi inspirasi liburan keluarga mama. Selamat berlibur…

Cheers,
Indah – momAmore

