Tags

,

Dear Smart Mommies…

Mencari bra menyusui / nursing bra ternyata ngga gampang. Menjelang kelahiran anak kedua, saya masih bingung berburu bra menyusui yang tepat. Pengalaman menyusui anak pertama yang diikuti dengan perubahan anatomi/bentuk payudara membuat saya benar-benar lebih selektif memilih bra menyusui. Akhirnya, saya pun memiliki beberapa kriteria khusus dalam memilih bra menyusui.

Kriteria nursing bra yang oke versi saya adalah :

  1. Nyaman dikenakan. Saat menyusui, bentuk payudara bisa sangat bengkak atau sangat kempes. Nursing bra yang baik harus tetap nyaman dikenakan saat payudara dalam kondisi apapun.
  2. Mampu menyangga payudara. Nursing bra berkualitas harus mampu menyangga payudara yang sedang membesar berkali-kali lipat saat sedang bengkak, agar tulang punggung tidak sakit. Namun juga harus mampu mengangkat payudara saat sedang kempes agar tidak terlihat ‘turun’ dan ‘melorot’.
  3. Berbahan ramah kulit. Ibu menyusui cenderung memiliki kulit yang lebih sensitif dan mudah gerah. Belum lagi bila ASI sedang rembes dan mengenai bra. Kondisi lembab di area payudara akan membuat sangat tidak nyaman. Bra berbahan dingin seperti katun yang dingin dan mudah menyerap cairan, baik untuk mengurangi risiko kulit teriritasi.
  4. Berpadding atau memiliki lapisan cup yang tebal. Ibu menyusui pasti akan mengalami pertumbuhan puting. Padding atau lapisan kain cup yang tebal mampu untuk menyamarkan puting yang menonjol, dan tentunya mempermanis penampilan.
  5. Harga dibawah 100ribu rupiah. Secara pribadi, saya agak itung-itungan dalam memilih nursing bra. Kenapa harus dibawah 100ribu rupiah, karena saya sering gonta ganti bra dalam sehari, demi alasan kesehatan. Gerah dikit, ganti. Bocor ASI dikit, ganti. Daripada iritasi kulit karena lembab. Karena itu, stok nursing bra harus cukup banyak. Apalagi bagi saya yang termasuk heavy flow dalam produksi ASI (aminnn) dan keringat. Kebayang donk kalau harus membeli nursing bra seharga ratusan ribu rupiah. Bisa jebol dompet.

Nah, berdasarkan kriteria di atas, saya pun memiliki nursing bra favorit, yaitu :

  1. Giligan o’Maley. IDR 80.000,00. Wireless no padding. Ini bra asli enak banget. Nyaman dikenakan, adem dan kuat menyangga. Bukaannya gampang. Cuma emang agak over exposed buat aku. Dan modelnya agak polos. kurang menggoda. Hehehe. Soal harga, jelas cukup bersahabat. Toootally recommended. Belinya di picktoweardotcom. Rate : 4  out of  5
  2. Lady’s secret. IDR 55.000,00. Wire no padding. Sebenernya bukan bra ideal banget buat saya. Tapi sebagai nursing bra, motifnya cukup nge-hits buat ‘tampil’. Bahannya lumayan adem. Harganya juga lumayan terjangkau. Bisa dibeli di facebook lafemme. Rate : 3 out of 5.
  3. Uniqlo bra top. Oke, ini memang bukan nursing bra. It’s just simply bra top. Atasan kaos yang built in sama bra. wireless with padding. Bahannya adem dan cuma perlu pake outerwear aja. Harga normalnya 249ribu rupiah (lap keringet). Tapi saya beli pas uniqlo lagi diskon gedhe-gedhean (horeeee…!!!). Ngga tanggung-tanggung, saya pun borong 5pcs.  Enaknya lagi, bisa sekalian dipake buat sport top. Good deal kan :D. Saya belinya di LOVE. Rate: 3 out of 5

uniqlo bra top

Tips dari saya dalam membeli nursing bra.

  1. Pilih ukuran 2cup lebih besar dari ukuran normal. Bila biasanya pakai ukuran 34B, untuk nursing bra sebaiknya memakai ukuran 34D atau 36C. Karena payudara akan mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan saat menyusui.
  2. Mulai beli nursing bra saat mendekati persalinan. Jangan kenakan nursing bra mulai hamil. Karena, kondisi payudara saay menyusui berbeda dengan saat hamil. Lagipula, usia nursing bra juga kurang lebih sama dengan bra biasa. Kalau dipakai lebih awal, maka masa ‘expired’nya pun akan lebih awal.
  3. Coba coba coba. Jangan mudah termakan merk rekomendasi ibu menyusui yang lain. Merk A mungkin cocok untuk ibu A. Tapi belum tentu cocok buat kita. Maka, setiap mau beli, sebisa mungkin dicoba dulu dan pastikan nursing bra itu cocok buat kita. Jangan kalap buat borong. Apalagi kalau belum yakin nursing bra itu memang cocok buat kita.

Happy hunting & breastfeeding, Mommies…

Cheers,

IndahmomAmore

Advertisements