Tags

, , , , , ,

Beberapa minggu lalu, saya becermin dan melihat garis halus mulai muncul di wajah. Reaksi pertama, Kaget! Usia belum menginjak kepala tiga, tapi kenapa gejala kerutan sudah mulai tampak…?!?! Ngga lama kemudian, saya buka laptop dan cari-cari krim anti ageing paling ampuh. Tebak, apa yang saya temukan…!!! Yup, tak lain tak bukan adalah fakta bahwa produk perawatan anti ageing itu mahal sekali. Huhuhu…

Karena itu, saya beralih mencari resep perawatan wajah anti penuaan, yang bahan-bahannya bisa ditemukan di dapur. Mudah, murah, minim efek samping dan tentunya bisa diracik sendiri di rumah.

Bahan-bahan pilihan saya :

  • Pisang (menyehatkan dan meremajakan kulit karena mengandung elemen penting seperti potassium, zat besi, kalsium dan vitamin C)
  • Yoghurt (melembutkan tekstur kulit dan mengencangkan kulit)
  • Madu (mengandung anti oksidan sekaligus melembabkan kulit)
  • Extra virgin olive oil (membantu menguatkan jaringan kolagen kulit dan membuat kulit lebih elastis)
  • Lemon/jeruk nipis (kaya vitamin C yang membantu menyegarkan dan mncerahkan kulit)
  • Oatmeal (efektif menyerap dan mengikat kotoran di wajah)
  • Gula pasir (membantu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori yang tersumbat)

Facial wash

1sdt oatmeal
½sdt madu
3sdt air

Campurkan semua bahan hingga merata. Sisihkan. Basahi wajah dengan air hangat. Usapkan facial wash merata di kulit wajah. Pijat-pijat sedikit. Bilas hingga bersih.

Facial scrub

1sdt extra virgin olive oil
1sdt madu
1sdm gula
1sdt perasan jeruk nipis/lemon

Campur semua bahan. Aduk rata. Lapiskan pada wajah yang bersih dan kering. Gosok perlahan dan lembut dengan tangan. Bilas dengan air hangat. Keringkan menggunakan handuk/waslap dengan cara di tap-tap perlahan. Lakukan 1kali/minggu.

Masker

Resep #1

½ bh pisang (hancurkan)
1sdt yoghurt
2sdt madu

Campurkan semua bahan. Aduk rata. Aplikasikan pada wajah yang bersih dan kering. Diamkan hingga 20menit. Bilas dengan air hangat hingga bersih. Keringkan dengan waslap/handuk. Lakukan 1-2kali/minggu.

Resep #2

½ bh pisang/alpukat (hancurkan)
1sdm oatmeal

Masukkan oat sedikit demi sedikit ke dalam adonan pisang sambil diaduk rata. Lalu aplikasikan pada wajah. Diamkan hingga 20menit. Bilas dengan air hangat hingga residu hilang dan wajah bersih. Keringkan dengan waslap/handuk. Lakukan 1-2kali/minggu.

Toner

1sdt jeruk nipis atau lemon
3sdt air
2tetes madu

Campur semua bahan. Aduk rata. Tuangkan pada kapas/tissue bersih. Usapkan pada wajah.

Moisturizer

1 tetes extra virgin olive oil
1 tetes madu

Tuangkan semua bahan pada telapak tangan yang bersih. Ratakan dengan jari. Usapkan ke seluruh wajah.

Cepat dan hemat bukan. Namun perlu diingat, resep-resep di atas hasilnya tidak  serta merta ampuh ya, Mama. Ada syarat dan ketentuan berlaku. Apa saja syarat dan ketentuannya? Ini dia :

1. Rajin dan telaten.
Penting untuk digarisbawahi, bahwa hasil yang kita dapat tidak cepat dan seketika. Butuh ketelatenan dan kesabaran. Nikmati saja prosesnya.

2. Konsumsi buah, sayur dan kacang-kacangan.
Apapun skin care yang kita pakai, hasilnya akan efektif bila diimbangi dengan diet makanan bergizi, kaya vitamin dan cukup mineral penting. Semuanya banyak terkadung dalam sayur, buah dan kacang-kacangan.

3. Olahraga teratur.
Olahraga teratur, dapat secara langsung membantu proses anti-penuaan. Olahraga teratur merangsang tubuh memproduksi hormon pertumbuhan (growth hormone) yang dapat melawan proses penuaan dan membuat sel-sel termasuk kulit menjadi lebih muda. Pada saat olahraga kita dapat meningkatkan lean body mass, menurunkan kadar lemak tubuh, meningkatkan kepadatan kulit maupun tulang, bahkan juga meningkatkan kekebalan tubuh terhadap peyakit.

4. Konsumsi cukup air putih.
Sama seperti bagian tubuh yang lain, sel-sel kulit juga perlu air untuk membantu membuang ‘sampah’. Air juga mengembalikan kelembaban kulit yang hilang ketika udara ekstra panas atau kering. Apapun jenis kulit kita, berminyak, kering atau kombinasi, minum cukup air dapat membantu kita terlihat lebih muda, tampak sehat dan lebih bercahaya.

5. Senyum
Saya mengerti, menjadi istri sekaligus ibu yang baik itu banyak PR-nya. Ngurus suami, ngurus anak, ngurus keuangan, ngurus gizi, ngurus rumah, dll, dsb. Tapi bukan berarti harus manyun sepanjang hari kan. Senyumlah mama. tersenyum mampu membantu menenangkan pikiran dan menghambat penuaan. Kalaupun garis halus di kulit tidak memudar, setidaknya kebiasaan untuk selalu tersenyum membuat garis-garis itu membentuk ekspresi cantik di wajah.

At 20, you have none of lines, but by 50 your typical expression will have carved itself into your forehead and around your eyes and mouth. Smile and your facial wrinkles will have a friendlier feel.

“Nature gives you the face you have at twenty; it is up to you to merit the face you have at fifty.” Coco Chanel

Good luck, mama 

cheers,

Indah

Advertisements