Tags

, , , , , , , , ,

Saya percaya, setiap bayi yang baru lahir adalah makhluk paling menakjubkan yang pernah ada. Dan tentu saja, setiap bayi memiliki lebih dari sejuta kejutan serta pelajaran bagi kita, ibu. On positive and more than positive way (ya, yang kadang hal positifnya baru kita sadari di kemudian hari).

Saya sempat mengalami keguguran ketika akhirnya berhasil kembali mengandung dan melahirkan putri pertama. Perasaan saya ketika hamil adalah campuran antara bahagia dan takut. Bahagia, karena akhirnya Tuhan kembali memberi kesempatan pada saya untuk memiliki anak. Takut, karena masih ada trauma kehilangan anak pertama.

Sometimes, things have to fall apart to make way for better things. -Ted Mosby, How I Met Your Mother.

Singkatnya, gabungan rasa takut dan bahagia dalam menjalani kehamilan, membawa saya untuk lebih banyak belajar. Belajar untuk hidup lebih sehat, lebih menikmati dan mensyukuri hidup, serta lebih mendekatkan diri dengan Tuhan. See, kadang nilai positif dari not too positive things, baru kita sadari di kemudian hari. Dan akhirnya sampailah momen saat saya harus melahirkan. Rasanya, seperti keajaiban.

Screen shot 2014-06-24 at 3.15.57 PM

 Newborn Kinami. Kulitnya lembab serta penuh lemak dan darah. Namun sangat lembut.

Saya tak mampu bicara saat kali pertama menyentuh putri kami. Dibalik kulitnya yang basah dan berlemak, ada kelembutan dan kelembaban yang begitu murni. Ah, gejolak cinta yang sudah tertanam sejak saya dinyatakan positif mengandung langsung membuncah keluar. Ingin rasanya saya terus memeluknya, menjaganya, melindunginya. Kelahiran bayi kami juga mengubah status saya, selamanya. Kini saya resmi menjadi ibu. Happy birthday daughter, Happy birthday mother.

I knew I loved you before I met you,
I think I dreamed you into life,
I knew I loved you before I met you,
I have been waiting all my life
-savage garden, i knew i loved you-

Beberapa hari setelah melahirkan, saya harus berpisah dengan bayi kami. Putri mungil kami harus menginap sendirian di rumah sakit karena bilirubin tinggi, hingga mencapai angka 20 dari batas normal 10. Ya, setiap bayi memang selalu memberi kejutan. Positifnya, saya jadi terbiasa memompa asi sejak dini. See, there are always positive things in every condition.

Screen shot 2014-06-24 at 3.56.23 PM

Bluelight phototherapy for jaundice

Selama dua hari di rumah sakit, saya melihat kulit si kecil kering mengelupas. Ah, kemana perginya kulit cantik, lembut dan lembab. Kulitnya kini kering dan mengelupas. Saya baru tahu kemudian bahwa hal itu wajar setelah sang bidan memberi penjelasan. Seumur hidupnya, janin selalu berendam dalam air ketuban. Ketika lahir, kulitnya menyesuaikan dengan udara luar. Belum lagi ketika harus terpapar double blue light dalam rangka menurunkan kadar bilirubin. Mengelupaslah kulit-kulit di sekujur tubuhnya. Saya pun lega, karena hal itu bukanlah masalah serius.

Namun, persoalan kulit bayi ternyata tak habis sampai situ. Kulit anak saya mudah sekali memerah dan meradang. Ternyata, anak saya terkena dermatitis atopi yang diwarisi dari ayahnya.

Screen shot 2014-06-25 at 12.26.33 AM

Ruam di wajah Kinami

Kini, anak pertama saya sudah hampir tiga tahun. Sekarang saya memiliki seorang bayi lagi. Ternyata sang adik juga mengalami dermatitis atopi, sama seperti kakaknya. Meski telah belajar dari pengalaman sang kakak mengenai perawatan kulit, tetap saja karakter kulit setiap anak berbeda-beda. Sampai sekarang, saya masih terus belajar nih, bagaimana merawat kulit bayi yang tepat agar selalu sehat dan lembut.

Beruntung, akhir pekan lalu, saya mendapat kesempatan menghadiri gathering “Dari Kandungan ke Dunia” yang diadakan Pampers dan Mommiesdaily. Acaranya pas banget, membahas tentang kulit bayi. Sesuai dengan masalah yang saya hadapi. Bahkan ada launching video yang sangat menyentuh dari Pampers, tentang kisah para ibu dalam menyambut bayi-bayi mereka. Kita simak bersama yuk.

Benar sekali, melindungi adalah mencintai. Saya pun ingin melindungi kulit anak-anak saya agar tetap sehat dan lembut. Karena kulit memiliki peran penting sebagai proteksi, absorpsi, dan ekskresi, sensori, pengatur suhu tubuh, pigmen, & ekspresi emosi. Nah, karena itu saya ingin berbagi tips menjaga kesehatan kulit bayi, yang saya dapatkan langsung dari pakarnya, Dr. dr. Rini Sekartini, SpA(K).

  1. Mandi secara teratur, bersihkan rambut, gunakan air dengan suhu yang disesuaikan dengan suhu tubuh.
  2. Pilih sabun bayi yang cocok, yang memiliki PH netral dan jangan gonta ganti produk. Jangan suka tergiur dengan wangi dan promo produk saja.
  3. Habis mandi, bayi boleh pakai minyak telon. Tapi sedikit saja ya, dan hanya di bagian perut. Bagian lain, boleh pakai lotion.
  4. Masalah kulit pada bayi yang paling umum adalah ruam. Daerah yg sering terkena ruam ada di kedua pipi, lekuk siku, dan lekuk lutut. Kalau bayi mengalami ruam, oleskan sedikit saja lotion/cream bayi. Kalau 1-2hari belum pulih, bawa ke dokter.
  5. Selalu perhatikan penyebab dan pencetus masalah kulit bayi. Setelah ketemu, hindari faktor iritannya. Baik dari makanan, kosmetik, pakaian, bahkan udara. Meski sama-sama ruam, bila berbeda penyebab kelainan kulit, maka obatnya juga berbeda.
  6. Perbanyak konsumsi vitamin dan mineral. Karena memiliki fungsi anti oksidan yang baik untuk kulit.
  7. Selalu gunakan pakaian dan popok yang berbahan nyaman, lembut di kulit dan mudah menyerap keringat, serta ukurannya sesuai dengan bentuk bayi. Nah, pampers bisa jadi salah satu produk popok pilihan nih. Karena mengandung permukaannya selembut kapas, berpelembab aloe vera, melindungi kulit bayi agar tetap kering selama 12jam, Anti friksi, memiliki pori untuk sirkulasi dan sesuai bentuk tubuh bayi.

Jadi ibu memang tidak boleh berhenti belajar ya. Apalagi bila berhubungan dengan anak. Semakin besar anak kita, maka semakin banyak ilmu yang harus kita gali, untuk menjaga dan melindungi anak-anak. Demi cinta kita pada mereka. Dan demi masa depan mereka. Setuju…?!?! 🙂

Nah, itu pengalaman indah saya. Pengalaman ibu saat hamil dan melahirkan anak pertama pasti juga seru kan…?? Apalagi saat kali pertama merawat kulit lembut bayi-bayi mungil ibu. Yuk, ceritakan juga keseruannya dan ikuti Dari Kandungan Ke Dunia, Bloggers Writing Competition. Info lengkapnya bisa langsung ibu klik http://5starsprotection.mommiesdaily.com/contest.php

Sukses ya… 🙂

