Tags

, , , , , , , ,

Dua hari ini saya makan rujak daun ubi. Daun ubinya panen dari halaman kecil di depan rumah, yang secara agak ngga sengaja tumbuh lebat dan asri. Awalnya saya hanya memandang sebelah mata si daun ubi yang menjalar sampai ke carport.

daun ubi hidup

Suatu hari, pembantu rumah tangga kami bilang, “Bu, itu daun ubi enak dijadiin rujak.”
Saya hanya menimpali sekedarnya,”Masa sih mpok? Mpok bisa masaknya?” Iya donk, kalau cuma bilang enak aja tanpa bisa masaknya ya percuma.
“Bisa bu. Saya sering bikin. Cuma direbus terus dikasih sambel pake cabe, asem muda, gula merah dikit.” kata si mpok.
Wah, cocok nih. Gampang, murah.”Ya udah mpok, besok kita bikin ya.”

Jadilah kemarin, perdana saya makan homemade rujak daun ubi. Rasanya enak. Banget. Satu piring sayur daun ubi rebus dengan topping sambel asem jawa itu habis saya makan. Dan nagih. Akhirnya, hari ini bikin lagi deh rujak daun ubi. Dengan porsi dua kali lipat. Dan tetep habis sendiri saya makan. Rasanya bener-bener enak. Banget.

Rujak Daun Ubi bumbu Cabe dan Asam Jawa

Saya lalu berpikir, apa sih yang membuat sayur sederhana ini enak banget. Padahal sama sekali ngga pakai ramuan ribet segala rupa. Mungkin karena semasa hidupnya, daun ubi ini cukup mujur. Hidupnya santai. Disiram dengan air bersih, tidak terpapar polusi, dan jauh dari kebisingan. Pun setelah dipetik. Langsung masuk dapur. Tidak sehingar bingar sayur lain, yang setelah panen dari kebun harus melakukan perjalanan panjang ke pasar, dilanjutkan ke tukang sayur, hingga akhirnya sampai ke dapur.

Kejadian sederhana ini jadi membuat saya ingin punya lebih banyak tanaman sayur. Bayangkan kalau setiap hari saya bisa mengkonsumsi sayur dari kebun sendiri. Saya yakin akan lebih sehat, baik dari segi fisik maupun dompet. Hehehe…

Dengan menanam sayur sendiri, mutu tanaman lebih terjamin karena kita yang kontrol. Saya jadi yakin sekarang, sayur yang ditanam dan dibesarkan dengan penuh cinta, akan terasa lebih enak dan memiliki lebih banyak energi positif, tanpa perlu banyak diolah.

Yuk, mulai tanam sayur sendiri.

Advertisements