Tags

, , , , , , , ,

Saya bukan penggemar berat madu dan bukan orang yang rajin minum madu. Tapi, saya selalu punya stok madu di rumah. Meski jenis madunya ngga pilih-pilih, harus madu begini begitu. Karena ya itu tadi, saya bukan pecinta madu. Agak ironis kan.

Nah, supaya simpanan madu saya berguna secara optimal, saya mulai memanfaatkan madu untuk mempercantik diri *ehem*. Beberapa cara diantaranya adalah untuk :

  • Masker Wajah. Jenis kulit wajah saya normal cenderung kering. Kalau berada di tempat ber-AC, wajah saya terasa seperti ditarik-tarik. Karena itu, saya rajin pakai ramuan masker madu + minyak zaitun. Caranya, campurkan setengah sendok teh madu dan setengah sendok teh extra virgin olive oil. Aduk rata. Usapkan ke seluruh wajah saat malam hari menjelang tidur. Diamkan 15-20menit. Bilas dengan air bersih. Pergi tidur. Paginya cuci muka dengan sabun pembersih. Lakukan tiga hari sekali untuk kulit lebih lembab.
  • Scrub tubuh. Madu tidak hanya membuat muka lembab, tapi juga bisa membuat kulit tubuh lebih lembut. Resepnya, lakukan scrub tubuh dengan campuran satu sendok teh madu + satu sendok makan gula+ satu sendok makan minyak zaitun. Aduk rata. Scrub ke seluruh tubuh. Bilas dengan air bersih. Lanjutkan mandi seperti biasa. Lakukan seminggu sekali untuk kulit lebih halus.
  • Pereda batuk. Faktanya kalau sedang batuk atau saat gejala flu mulai menyerang, tubuh kita hanya perlu banyak minum. Tidak perlu obat apa-apa. Tapi, saya suka minum madu + jeruk nipis + air hangat. Sehari sekali. Alasannya sederhana. Rasanya enak. Manisnya madu dicampur asam segar jeruk nipis yang dilarutkan air hangat cocok untuk me-recharge tubuh yang sedang malas dan lemas untuk makan minum macam-macam. Badan jadi terasa lebih berenergi, karena ada asupan gula dari madu. Tenggorokan dan napas pun lebih lega karena ada asupan cairan.
  • Minuman berenergi. Belakangan di media sosial sedang tren minum ramuan madu lemon. Ramuan madu campur lemon (bisa diganti dengan jeruk nipis) ini dikonsumsi di awal hari. Saya sendiri bukan peminum teratur ramuan madu lemon. Saya lebih suka minum larutan jeruk nipis hangat tanpa madu saat bangun tidur karena air jeruk nipis diketahui dapat meningkatkan fungsi hati dan produksi enzim pencernaan. Tapi, saat tubuh sedang kurang fit, terkadang saya juga mengkonsumsi ramuan madu lemon. Efeknya, tentu badan lebih berenergi, karena langsung minum madu yang notabene mengandung gula di dalamnya.

Nah, itu tadi beberapa cara saya mengoptimalkan stok madu di rumah. Bagaimana dengan mama. Punya cara lain memanfaatkan madu? Ada bahkan punya kriteria khusus memilih madu? Boleh yuk, bagi infonya di sini…

