Tags

, , , , , ,

Sudah empat bulan terakhir saya mengkonsumsi green smoothies dan masih berlanjut. Saya terus mengkonsumsi green smoothies, karena banyak sekali manfaat yang saya rasakan. Dari mulai pencernaan yang lebih lancar hingga kulit yang lebih sehat.

Buat yang pertama kali ingin memulai minum green smoothies, saya akan berbagi resep anti gagal Green smoothies yang Low GI. Apa sih Low GI itu? Indeks glikemik (glycemic index atau GI) adalah skala atau angka yang diberikan pada makanan tertentu berdasarkan kecepatan makanan tersebut meningkatkan kadar gula darah manusia saat dikonsumsi. Skala yang digunakan adalah 1-100. Indeks glikemik disebut rendah jika memiliki skala dibawah 55. Sedikit di atasnya disebut moderat jika berada di skala 56-70. Bila berada di atas angka 70, maka termasuk berindeks glikemik tinggi. Semakin tinggi indeks glikemik suatu makanan, semakin cepat pula dampaknya pada kenaikan gula darah.

Sedikit menceritakan sejarah, Green smoothies dipopulerkan oleh Victoria Boutenko. Salah satu alasan Victoria Boutenko mengkonsumsi green smoothies karena anaknya didiagnosis diabetes pada usia 9 tahun.

Jadi, dari beragam fakta di atas, saya ingin berbagi bahwa mengkonsumsi green smoothies, selain harus tahu kombinasi buah sayur yang tepat juga harus dibarengi dengan pengetahuan akan indeks glikemik buah yang kita konsumsi. Selain agar rasanya enak, juga untuk mencegah terjadi peningkatan kadar gula berlebih dalam darah.

Buah yang Sebaiknya Dihindari

Lalu, buah apa saja yang sebaiknya dihindari. Berikut daftarnya.

  1. Durian
    Sebenarnya Durian mengandung indeks glikemik yang rendah yaitu 49. Namun, durian merupakan salah satu buah yang mengandung kalori dan gas yang cukup tinggi. Sehingga kurang cocok untuk masuk dalam kombinasi green smoothies.
  2. Kurma
    Kurma kering mengandung kadar gula tertinggi dari buah apapun. Kurma memiliki skor glikemik 103, lebih tinggi dari glukosa murni yang memiliki glikemik 100.
  3. Melon, Belewah dan Semangka
    Buah melon dan semangka memiliki kandungan gula buah yang sangat tinggi (GI melon 65, blewah 65 dan semangka 72).
  4. Nanas
    Mungkin tidak mengherankan bila nanas memiliki skor gula darah yang tinggi karena rasanya yang manis. Indeks glikemik nanas adalah 66.
  5. Mangga dan Pepaya
    Meskipun tidak manis seperti nanas, mangga dan pepaya memiliki kadar gula yang cukup tinggi yaitu indeks glikemik 56
  6. Nangka. 
    Nangka memiliki rasa yang sangat manis. Tak heran karena indeks glikemiknya berada di level 70.

Resep Green Smoothies Low GI

Nah, setelah tahu fakta dan daftar-daftar buahnya, sekarang mari kita melangkah ke resep. Oia, selalu ingat ya, formula green smoothies itu terdiri atas cairan + buah + sayur daun. Jadi, jangan terlalu kreatif memasukkan sayur-sayur bukan daun (seperti kacang panjang, brokoli, zukini, dsb) ke dalam smoothies. Selain rasanya akan jadi ajaib, juga akan membuat perut kurang nyaman.

resep 1 :
2 cangkir horenso
1 buah Kiwi
1 buah pear ukuran kecil atau 1/2 buah pear ukuran sedang
300 cc air
blend…!!!

resep 2 :
2 cangkir bayam merah
1 buah pear ukuran kecil atau 1/2 buah pear ukuran sedang
1/2 buah dragon fruit
300 cc air
blend…!!!

resep 3 :
2 cangkir bayam hijau
1 buah apel ukuran kecil atau 1/2 buah apel ukuran sedang
1 buah pisang
300 cc air
blend…!!!

resep 4 :
2 cangkir bayam hijau
1/2 buah kiwi
1 buah pisang
300 cc air
blend…!!!

Untuk rasa yang lebih beraroma, bisa ditambahkan greentea powder dalam campuran smoothies. Dan untuk yang ingin nutrisi lebih, bisa ditaburkan atau dicampur superfood seperti chiaseed atau goji berry di atas atau di dalam smoothies. Oia, tidak perlu lagi tambahan gula atau madu yah, karena madu sendiri punya indeks glikemik tinggi, yakni 87. Resep di atas sudah cukup segar dan manis.
Selamat mencoba… 🙂

my green smoothies journey

sumber :

http://www.resepbunda.biz/2012/09/27/buah-dianjurkan-dihindari-bagi-penderita-diabetes/#sthash.ACoaVwEE.dpuf
booklet TUMluncheon Jakarta, be healthy with juicing, November 2014

Advertisements