Tags

, , , ,

Setiap wanita pasti ingin punya bibir sehat donk ya. Tapi, sedikit yang tahu kalau bibir kita ini sangat sensitif dan susah beregenerasi. Apalagi kalau kita termasuk suka memakai kosmetik untuk bibir tapi malas membersihkan. Memang sih, bibir kalau sudah dipulas lipstick, lipgloss, liptint dan teman-temannya bisa menjelma jadi cantik. Kita pun jadi suka melihatnya. Tapi kalau malas dibersihkan, warna bibir asli kita lama-lama akan menghitam, karena pigmen kosmetik akan tertinggal tertinggal di bibir kita. Ngga mau kan. Belum lagi kalau cuaca sedang dingin dan kering. Ditambah kita kurang minum air putih. Bibir jadi pecah-pecah deh.

Salah satu cara membersihkan sekaligus melembutkan bibir adalah dengan melakukan scrub bibir secara teratur, satu hingga dua kali seminggu. Sebenernya scrub untuk bibir tersedia banyak di pasaran. Cara pakainya juga tinggal diaplikasikan ke bibir, lalu pijat dengan lembut, kemudian bilas. Tapi saya pribadi lebih suka membuat scrub sendiri, dari bahan-bahan herbal yang ada di dapur. Yess, do it yourself. Hasilnya sangat sangat sangat MEMUASKAN dan yang pasti aman.

Bahan-bahan yang diperlukan :

  • kayu manis bubuk
  • madu/extra virgin olive oil
  • air
  • petroleum jelly/vaselin (optional)

sediakan juga :

  • mangkok kecil
  • sikat gigi
  • sendok plastik
  • handuk basah

caranya :

  • Campurkan setengah sendok teh kayu manis bubuk dengan setengah sendok teh madu atau extra virgin olive oil di dalam mangkok kecil dengan menggunakan sendok plastik. Aduk rata. Kemudian tambahkan air. Aduk rata.
  • Celupkan bulu sikat gigi ke dalam ramuan scrub. Gosok memutar di bibir. Lakukan terus hingga rata selamat kurang lebih tiga menit.
  • Bersihkan bibir dari scrub dengan menggunakan handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat.
  • Setelah selesai, lapisi bibir dengan vaselin atau madu untuk memenangkan kulit bibir. Diamkan semalaman. Esok paginya, bibir akan terasa lebih lembab dan lembut.

penampakan bibir saya sebelum, ketika, dan sesudah di scrub. sebelum di scrub, terdapat sisa lipstick di bibir saya dan beberapa lapis sel kulit mati. setelah di scrub, terlihat warna asli bibir saya tanpa sisa lipstick. sel-sel kulit mati sudah hilang.

Tapi, merawat bibir tentu tidak sebatas scrubing saja. Ada beberapa rangkaian perawatan lain untuk mempertahankan bibir tetap cantik sehat lembab merona. Berikut tips-nya:

  1. Rajin minum air putih. Bibir kering merupakan salah satu indikasi bahwa kita kekurangan cairan. Maka, rajinlah minum air putih agar bibir tidak pecah-pecah.
  2. Konsumsi makan buah dan sayur. Buah dan sayur mengandung vitamin yang dibutuhkan untuk mempertahankan kesehatan kulit.
  3. Bersihkan bibir hingga tuntas. Secinta-cintanya dengan warna kosmetik bibir, selalu bersihkan kosmetik bibir tanpa sisa saat hendak tidur. Kosmetik bibir yang tersisa hanya akan meninggalkan endapan pigmen yang hanya akan menghitamkan bibir asli. yaiks.
  4. Gunakan pelembab bibir. Di pasaran banyak dijual pelembab bibir. Gunakan pelembab bibir, setiap pagi sebelum memakai makeup dan malam sebelum tidur.

Selamat mencoba 🙂

Advertisements