Tags

, , , , , , , , , ,

Saya dan suami suka begadang. Bukan contoh yang baik ya. Tapi, bagi kami yang memiliki dua anak kecil super aktif dan cerdas, malam hari adalah waktu paling cocok untuk ber-couple time sebelum akhirnya tidur.

Toh, kata bang Rhoma, “begadang boleh saja, kalau ada perlunya…”

Meski sering begadang, bukan berarti kami tidak bisa mengkondisikan tidur berkualitas bagi diri sendiri dan anak-anak. Karena itu, kami menciptakan rutinitas mudah sebelum tidur yang wajib dilakukan, sebagai berikut:

Jaga Kebersihan Badan
Pastikan badan dalam kondisi bersih. Mulai dari gigi, wajah, tangan hingga kaki. Sikat gigi, cuci muka, cuci tangan dan kaki wajib hukumnya sebelum pergi tidur.

sikat gigi sebelu

Kenakan Pakaian yang Bersih dan Nyaman
Tidak jarang kami berkegiatan aktif bersama anak-anak hingga malam. Pakaian pun suka kotor atau basah terkena keringat. Maka, sebelum tidur, ganti pakaian dengan pakaian tidur yang nyaman dan bersih.

Minimalkan Stimulus Pengaktif Otak
Saya sengaja mensterilkan segala bentuk stimulasi otak, seperti mainan dan sarana hiburan dari dalam kamar. Minimal, ketika menjelang tidur, segala bentuk stimulus otak harus keluar kamar. Supaya otak kami bisa benar-benar istirahat dan tidak terpancing melakukan sesuatu saat kondisi susah tidur.

Matikan Lampu
Saya dan suami terbiasa tidur dalam kondisi gelap. Saya sendiri merasa bahwa tidur menjadi lebih mudah saat tak ada cahaya. Ternyata, ada benarnya. Menurut pendapat pendapat ahli biologi, Joan Robert, hormon melatonin (hormon yang berfungsi menjaga kekebalan tubuh agar terhindar dari serangan penyakit) tidak bisa diproduksi oleh tubuh ketika ada cahaya. Karena itu, tidur tanpa cahaya sangat disarankan agar produksi hormon melatonin dapat meningkat, sehingga kekebalan tubuh kita pun terjaga.

Selamatkan dari Gangguan Nyamuk
Tak hanya hormon melatonin yang aktif saat tak ada cahaya, nyamuk pun lebih aktif saat gelap. Karena itu, saya harus pastikan kamar sudah steril dari gangguan nyamuk saat menjelang tidur.

Cerita sedikit ya, dulu saya suka semprot-semprot kamar dengan obat nyamuk sebelum tidur, lalu tunggu beberapa saat hingga bau obat nyamuk menghilang. Baru deh masuk kamar. Keburu ngantuk ngga sabar ingin segera tidur. Saya juga pernah pakai tirai nyamuk. Berasa camping deh. Tapi tetap saja suka ada satu dua team nyamuk yang lolos gigit-gigit tangan kaki. Pernah juga coba pakai obat nyamuk bakar. Tapi ngga tahan dengan asap. Bikin sesak napas. Apalagi suami saya ada riwayat asma.

Untung sekarang ada baygon liquid electric. Praktis, tinggal pasang ke listrik, beres. Tanpa repot, tanpa asap, tanpa nyamuk, tidur aman dan nyaman sampai pagi.

baygon liquid electric

Berdoa Sebelum Tidur
Hal terakhir namun tidak kalah penting untuk mewujudkan istirahat nyenyak adalah berdoa sebelum tidur. Meluangkan sedikit waktu untuk berdoa mampu menenangkan jiwa, pikiran dan raga hingga terkonsentrasi secara langsung dan bersamaan menuju tidur yang lelap.

Selain rutinitas kami di atas, mama juga bisa menyimak lebih banyak kiat-kiat untuk mendapatkan tidur pulas berkualitas bebas nyamuk dalam video-tips di bawah ini.

Seperti telah saya sebutkan, anak-anak kami adalah anak yang super aktif. Suami dan saya pun memiliki peran masing-masing yang butuh totalitas. Maka, memiliki istirahat berkualitas adalah wajib hukumnya. Agar tiap pagi, kami cukup berenergi menjalani hari dan kejutan baru.

Mama juga bisa melakukan berbagai kiat mudah di atas bersama keluarga di rumah, untuk mendapatkan tidur berkualitas. Selamat mencoba. Selamat beristirahat.

Advertisements