Tags

, , , , ,

Ketika membaca tentang tantangan bulan April dari Indonesian-Hijabblogger.com, pikiran saya langsung tertuju pada jaring peta cita-cita pribadi yang baru beberapa waktu terakhir saya buat. Ya, saat itu saya terinspirasi oleh novel ayat-ayat cinta, dimana sang tokoh utama Fahri dan Aisha sama-sama memiliki susunan peta jaring cita-cita untuk masa depan mereka.

Meski novelnya sendiri sudah terbit lebih dari sepuluh tahun lalu dan film ayat-ayat cinta pun telah menjadi hits pada lima tahun lalu, saya sendiri baru terpikir untuk membuat peta jaring cita-cita pada trimester kedua tahun ini. Karena, dulu saya pikir mimpi biarlah tersimpan di kepala. Namun faktanya, segala rutinitas dan problema kehidupan seakan mengaburkan fokus mimpi itu sendiri, yang kemudian malah membuat mimpi itu semakin tertunda. Then i Worried, Later will become Never. Naudzubillah.

Alasan kedua kenapa saya baru membuat peta jaring cita-cita adalah ketika beberapa bulan lalu saya mengikuti pengajian bersama Hijabers Community Bandung. Saat itu sang ustad menyebutkan bahwa seorang manusia yang paripurna ibarat pohon. Akar (keimanannya) kuat, cabangnya (kesuksesannya) menjulang ke langit, serta menghasilkan buah (manfaat) sepanjang waktu. Seperti tertulis dalam Al-Quran surat Ibrahim ayat 24-25. Sejak itu, saya kembali mereview cita-cita dan mimpi saya. Mengembalikan segalanya hanya demi mendapat berkah Allah, Tuhan seluruh alam.

Akhirnya saya mulai menyusun dan menuangkan mimpi dan cita-cita saya beserta timeline ke depannya. Saya letakkan di atas meja kerja, supaya bisa terus saya lihat. Supaya dan teringat lagi akan mimpi dan cita-cita itu.

Dreams Maps

Kembali ke lima impian untuk lima tahun ke depan. Seperti tertulis dalam jaring mimpi yang saya susun, ada mimpi-mimpi yang insyaALLAH bisa segera terwujud, yakni:

  1. Berangkat Haji dan Umroh.  Mimpi terbesar saya adalah menjadi pasangan di surga bersama suami tercinta. Berhaji dan berumroh adalah salah satu jalan menuju ke sana, insyaAllah cepat terkabul. Saat ini kami masih dalam tahap mengantri kursi yang insyaAllah akan berangkat pada 2020 sekaligus menabung untuk keperluan ibadah nanti. Semoga bisa lebih cepat. Kalau bisa, mau umroh dulu. Sudah rindu ingin ke Baitullah.
  2. Menjadi Konselor Laktasi. Saya berencana mengambil kelas untuk menjadi konselor laktasi akhir tahun ini, selepas menyapih anak kedua saya. Berhasil menyusui selama hampir empat tahun (bergantian kakak dan adik) membuat saya ingin berbagi ilmu dan pengalaman indahnya menyusui kepada para ibu dan calon ibu. Saya ingin mendapat peran lebih dalam mendukung suksesnya pemberian ASI. Saya salut pada www.casaelana-shop.com yang juga memiliki line baju menyusui cukup konsisten, yang artinya konsisten juga turut mendukung ibu menyusui. Semoga saya juga bisa konsisten dan sukses mendukung para ibu dalam memberi ASI.
  3. Sukses Mengembangkan Bisnis Es Krim Sayur Sehat. Saat ini saya sedang mengembangkan produk es krim sayur yang sehat. Mulanya, saya ingin menciptakan cemilan yang enak, sehat dan mengandung gizi baik, khususnya untuk anak-anak tanpa perlu membuat orang tua khawatir akan kandungannya. InsyaAllah dalam lima tahun ke depan, bisnis ini bisa maju pesat dan membantu menenangkan hati orang tua sekaligus memenuhi kebutuhan akan cemilan lezat berkualitas.
  4. Menjadi Fasilitator Yoga untuk Ibu hamil, Anak dan Manula. Saya jatuh cinta dengan yoga sejak dua tahun lalu. Sejak serius menekuni yoga, saya merasa lebih sehat lahir dan bathin. Saya ingin menularkan energi positif beryoga dengan menjadi fasilitator yoga, khususnya ibu hamil, anak dan manula. Karena mereka adalah kalangan spesial yang perlu perhatian khusus dalam berolahraga dan menjaga kesehatan. InsyaAllah pada 2016 akhir atau awal 2017 mau berangkat ke Bali atau India untuk mengikuti training kelas internasional untuk menjadi fasilitator yoga.
  5. Membangun Yayasan Sosial Pendidikan dan Gizi Anak. Saya sangat peduli akan pendidikan dan kesehatan. Karena menuntut dan berbagi ilmu sama-sama ibadah. Dan beribadah butuh jiwa dan raga yang sehat. Itulah sebabnya tiga mimpi saya di atas berkaitan dengan kesehatan dan pembelajaran. Syukur alhamdulillah, dunia saya sudah cukup indah dan nyaman begini adanya. Karena itu, saya lebih ingin naik kelas dalam hal memberi. Rasulullah SAW, Bill Gates, Keanu Reeves, Angelina Jolie adalah sosok-sosok yang sangat menginspirasi saya, bahwa memberi justru memperkaya diri kita, dari sisi yang lebih indah.

Itulah lima mimpi yang insyaAllah akan segera terwujud dalam lima tahun ke depan. Usaha, optimisme dan doa yang terus mengalir semoga cukup menjadi amunisi meraih cita-cita.

Man Jadda Wajada – Siapa bersungguh-sungguh pasti berhasil
Man Shabara Zhafira – Siapa bersabar pasti beruntung
Man Sara Ala Darbi Washala – Siapa menapaki jalanNya akan sampai ke tujuan

me (wearing fir skirt casa-elana) and my baby

me (wearing fir skirt casa-elana) and my baby

Semoga tulisan ini bermanfaat dan memberi inspirasi. Pada intinya, saya ingin mengajak untuk mari kita sama-sama berani bermimpi dan bercita-cita. Kemudian, mari kita berani melangkah meraih mimpi. Percayalah, setiap langkah akan selalu mendekatkan kita pada mimpi kita. Lalu, sampaikanlah mimpimu. Semakin banyak orang tahu, semakin banyak tanggapan yang mereka berikan pada kita, semakin banyak masukan bagi kita untuk melangkah lebih baik. Terakhir, pilah pilih mimpi kita. Karena mimpi adalah masa depan kita. Dan kita sendiri yang menentukan, mau jadi seperti apa kita kelak. Jadikan mimpimu ibadahmu.

Oia, tulisan ini adalah bentuk partisipasi dalam Casa Elana for IHB Blog Post Challenge. Jadi, untuk kamu yang juga punya banyak mimpi, yuk uraikan di blog. Siapa tau bisa menginspirasi orang lain. Keterangan lebih lengkap bisa dibaca di sini.

Selamat Bermimpi.

