Tags

, , ,

Rumahku surgaku. Tentulah kita ingin terus merasa nyaman ketika berada di rumah. Nyaman beraktivitas, nyaman beristirahat. Namun menciptakan dan membangun kenyamanan di rumah tentu butuh banyak usaha. Baik usaha dari sisi subjek pengguna, yakni memelihara kualitas diri dan hubungan antar penghuni rumah. Maupun segi objek hunian, yakni menjaga kualitas rancangan dan perawatan rumah itu sendiri.

Indah dan sehat adalah dua kunci penting dalam hidup saya. Termasuk dalam menentukan kualitas hunian. Saya selalu pastikan sebuah tempat tinggal mampu memberikan kenyamanan secara menyeluruh bagi penghuninya. Tak hanya indah dipandang, namun juga memiliki tatanan dan sirkulasi yang tepat guna, sehingga berdampak menyehatkan jiwa dan raga.

Rumah Sehat.  Kiat memiliki rumah nyaman berkualitas ala saya sebenarnya cukup mudah dan sederhana, yaitu:

  1. Berhenti belanja perabotan secara impulsif. Suka lapar mata ketika melihat pernak-pernik rumah cantik terpajang di toko? Tahan. Faktanya, ketika kita berbelanja perabotan secara impulsif, barang-barang yang ada di rumah hanya akan semakin banyak. Sedangkan rumah kita tidak kunjung membesar dan cukup memberi ruang bagi barang-barang baru yang mungkin tak terlalu berguna. Akibatnya, barang-barang ini hanya akan menjadi sarang debu dan nyamuk.
  2. Lapangkan ruang. Merasa rumah sudah terlalu sempit, bahkan hanya untuk bernafas?-oke, ini berlebihan :p- Mungkin sudah saatnya melapangkan ruang. Evaluasi lagi, mana barang-barang yang sudah lama tak terpakai. Alih alih menumpuk dalam rumah, siapa tahu bisa dijual lagi atau disumbangkan. Menemukan barang yang sudah rusak, tak terpakai, tidak bisa diperbaiki, dan tak bisa dialihfungsikan? Relakan untuk membuangnya. Jangan jadikan kenangan sebagai alasan menyimpan ‘sampah’.
  3. Alirkan air.  Jika memungkinkan, pilih kamar mandi sistem shower supaya lebih hemat dan mengurangi genangan. Bila memiliki kolam atau akuarium, alirkan airnya dan kuras secara berkala. Jangan biasakan menampung air dalam ember atau bak terbuka. Alih alih sebagai cadangan air, malah berpotensi menjadi tempat nyamuk berkembangbiak. Gunakan air secukupnya. Jangan biarkan air diam tergenang.
  4. Alirkan udara. Bukalah jendela secara berkala selama setidaknya tiga jam setiap pagi dan sore, agar udara di dalam rumah bisa berganti dengan udara baru yang lebih segar. Tapi ingat untuk tutup kembali jendela saat siang dan malam hari, supaya terik matahari dan udara malam yang dingin dan nyamuk tidak ikut masuk.
  5. Rapikan kebun dan taman. Sebesar atau sekecil apapun tempat tinggal kita, ada yang kurang rasanya tanpa kehadiran tanam-tanaman. Biarpun kecil, tetumbuhan selalu menyumbangkan oksigen dan hawa segar, lewat warna dan bentuknya yang indah alami. Namun, tanaman yang tak terawat dan tumbuh liar justru akan menjadi sarang nyamuk dan hama.
  6. Simpan kembali buku dan mainan. Kita hampir selalu memiliki buku atau mainan. Karena selalu ada jiwa anak-anak dalam diri kita untuk bermain serta menyalurkan hobby. Dan selalu ada ruang di pikiran kita untuk menyerap wawasan baru. Disiplin menyimpan kembali mainan atau buku membuat ruang di rumah rapi. Sehingga tak ada ruang bagi nyamuk untuk bersembunyi.

Gampang kan menciptakan hunian nyaman dan sehat bebas nyamuk. Oia, karena kita tinggal di daerah tropis, kehadiran nyamuk kadang susah dihindari. Karena itu, kadang kita perlu perlindungan anti nyamuk ekstra. Di pasaran, banyak sekali dijual produk perlindungan anti nyamuk. Mulai obat nyamuk bakar, aerosol, hingga elektrik untuk ruangan. Ada pula anti nyamuk yang dioleskan pada kulit dalam bentuk lotion dan spray.

Baygon Liquid Elektrik

Saya sendiri lebih suka menggunakan obat nyamuk liquid elektrik, seperti Baygon Liquid Thread, perlindungan anti nyamuk yang tepat untuk keluarga, khususnya si kecil. Tanpa asap, tanpa repot, tanpa nyamuk. Kebetulan suami saya ada riwayat asma dan mudah sekali bersin-bersin bila menghirup udara yang kurang bersih. Dan saya pun ingin terus menjaga udara segar berkualitas, terutama bagi anak-anak. Agar mereka tetap nyaman saat beraktivitas dan beristirahat di rumah, sepanjang hari.

sweet dream, my love…

Semoga tips kali ini bermanfaat dalam membantu mewujudkan rumah sehat bebas nyamuk. Oia, kalau mama punya tips-tips lain seputar mewujudkan rumah sehat bebas nyamuk, ayo tulis dan ikuti The Urban Mama Blog Competition bersama Baygon Liquid Elektrik, berhadiah Uang Tunai Jutaan Rupiah. Syarat dan keterangan lengkapnya bisa dilihat di sini.

Salam sehat,
Indah

Advertisements