Tags

, , , ,

Kurang dari satu bulan lagi, kita akan bertemu dengan Ramadlan. Bulan dimana umat muslim dunia diwajibkan berpuasa selama satu bulan penuh.

Kita sering dengar kalimat, berbukalah dengan yang manis. Nah, biasanya saat berbuka, menu minuman yang paling umum dijumpai adalah teh manis. Dingin atau hangat. Padahal, Rasulullah Shallallahu ‘Alayhi wa Sallam bersabda :

إذا كان أحدكم صائما فليفطر على التمر فإن لم يجد التمر فعلى الماء فإن الماء طهور

“Apabila diantara kalian berpuasa, berbukalah dengan kurma, jika tidak ada kurma, maka berbukalah dengan air, sebab air itu suci”. -Hadits Riwayat Imam Abu Daud, Al-Baihaqi dan Al-Hakim.-

Artinya, minuman paling tepat untuk berbuka puasa adalah air putih. Bukan minuman manis seperti teh manis yang banyak gulanya. Minum minuman manis membuat kadar gula darah dalam tubuh melonjak naik secara cepat. Sehingga jadi PR bagi tubuh untuk segera menghasilkan respon insulin. Alih-alih memulihkan tenaga, justru malah menekan kerja organ, terutama pankreas secara mendadak. Kebayang kan, pankreas yang tadinya istirahat seharian, tau-tau diharuskan buru-buru kerja keras dalam waktu singkat. Bayangkan jika hal ini berlanjut hingga sebulan penuh. Hiks…

Kalau lapar, berbukalah dengan kurma atau buah atau makanan berkarbohidrat kompleks. Makanlah sedikit demi sedikit. Agar gula darah dalam tubuh naik secara perlahan dan berkala, sehingga tidak memberatkan kerja sistem pencernaan. Jadi jangan langsung ngunyah nasi padang untuk berbuka ya.

Ibarat mesin mobil, ngga kuat kalau langsung diajak ngebut. Butuh pemanasan terlebih dahulu.

Lalu, bagaimana bila kita ingin menikmati minuman manis…??

Tentu tidak masalah, asal perhatikan waktunya, porsi, dan cara minumnya. Kita bisa minum manis setelah perut terisi makanan ringan. Setelah shalat maghrib misalnya. Satu gelas sehari cukup. Dan minum sedikit demi sedikit. Untuk menjaga agar gula darah naik perlahan.

Jenis minumannya bisa apa saja. Tapi sebaiknya pilih minuman yang memberi kebaikan bagi tubuh. Seperti Extra Virgin Mojito ini.

Bahan:
    • 2 jeruk lemon
    • 1 cangkir daun mint
    • 200 cc air dingin
    • 1 sendok makan madu
    • es batu secukupnya
    • 1 sachet gula diet (bila perlu)
Cara Pembuatan:
      • Peras jeruk lemon, ambil airnya.
      • Campur air jeruk lemon, daun mint, air dingin, blender dengan kecepatan sedang.
      • Saring hasil blender, tuang dalam gelas yang sudah diberi es batu.
      • Tambahkan madu, aduk rata.
      • Beri beberapa lembar daun mint dan irisan lemon.
      • Bila kurang manis, tambahkan satu sachet gula diet.

Homemade Extra Virgin Mojito siap dinikmati. Rendah gula, bebas soda.

Minuman ini mengandung lemon yang kaya vitamin C, magnesium, kalium, kalsium serta antioksidan yang sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh manusia. Juga mengandung daun mint yang mengandung vitamin C, vitamin B, vitamin D, vitamin E, kalsium dan fosfor yang membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Selain itu, aroma mint yang segar mampu memberi efek relaksasi.

Tips: Daun mint bisa juga diganti dengan basil atau daun kemangi. Untuk penderita diabetes, basil atau kemangi bisa memicu produksi insulin.

Mama punya ide resep minuman enak dan sehat lainnya…?? Yuk tulis dan bagikan…
Semoga bermanfaat, selamat mencoba, dan selamat menyambut Ramadhan…

Salam sehat,
Indah

Advertisements