Tags

, ,

Dulu, sebelum menikah dan punya anak, saya sering menemui ibu-ibu yang dengan sangat cuek menyusui bayinya sambil ngerumpi bareng ibu-ibu tetangga lain di pinggir jalan, atau sambil nawar belanjaan sayur di pasar, atau sambil menyapu teras rumah, dan sambil-sambil yang lain. Mereka tampak merasa nyaman-nyaman saja meski aset pribadi terpampang nyata. Saya pribadi merasa risih melihatnya. Dan mungkin, saya tidak sendiri.

Agak berbeda ketika berada di pantai atau di satu pesta cocktail, saya melihat wanita berpakaian dengan potongan dada terbuka. Saya lebih bisa menerima pemandangan itu. Dan mungkin lagi, saya tidak sendiri.

Well, itu dulu…

Sekarang, setelah memiliki dua anak, saya baru menyadari bahwa menyusui adalah kewajiban paling membahagiakan bagi seorang ibu. Dan masa menyusui yang dianjurkan pun terhitung sangat singkat. Hanya dua tahun dari seluruh masa hidup seorang manusia. Namun memiliki manfaat super luar biasa.

Dan waktu yang tepat untuk menyusui adalah kapanpun sang bayi membutuhkan. Maka, saya pun tak lagi heran kini, kenapa para ibu itu sering sekali menyusui bayinya. Karena saya juga merasakan hal yang sama, kini. Menikmati bahagianya masa menyusui.

Bedanya, saya tidak suka pamer payudara kemana-mana. Karena, menurut saya, biarlah menyusui jadi momen bahagia untuk kita dan bayi, tanpa perlu menjadi tontonan publik. Maka, apron dan nursing wear menjadi busana andalan saat sedang keluar rumah.

Sebisa mungkin, ketika bersama bayi, saya akan menyusui langsung. Kapan pun, dimanapun, dan dalam acara apapun. Bahkan sekarang ada ritual wajib. Minta tolong suami untuk selalu mengabadikan momen menyusui di luar rumah. Saya ingin memiliki memoar menyusui bayi sebanyak mungkin. Sebab sekali lagi, masa menyusui itu sangat singkat.

Bagi saya, menyusui boleh banget dilakukan kapan saja, dimana saja dan dalam acara apa saja. Tapi tetap sopan. Pakai selalu apron untuk menutupi payudara atau mengenakan baju dengan bukaan menyusui yang tersembunyi sangat penting. Agar Mama nyaman menyusui, ‘aset’ aman terlindungi, publik tidak gerah dengan tontonan payudara kemana-mana, bayi pun kenyang dan sehat, kita pun terlihat cantik berkelas.

Happy breastfeeding…!!!

