Tags

, , , , , , , , ,

Tidak sedikit anak-anak yang kurang menyukai sayur. Kadang orang tua harus bersusah payah membujuk anak untuk mau memakannya. Padahal, mengkonsumsi sayur-sayuran setiap hari sangat bermanfaat bagi tubuh. Manfaat makan sayur diantaranya memenuhi kebutuhan serat agar pembuangan lancar dan tidak mudah sembelit, mencegah kelebihan berat badan dan obesitas anak, serta memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral penting yang baik untuk meningkatkan pertumbuhan sel dan membangun jaringan tubuh.

Mengkonsumsi sayur tentu tidak harus dengan dimasak matang. Dimakan mentah-mentah pun rasanya tetap nikmat. Ditambah, sayur mentah kaya akan enzim yang baik dalam membantu kerja sistem pencernaan makanan.

Salah satu cara mudah mengkonsumsi sayuran mentah, apalagi untuk anak adalah dengan mengolahnya menjadi smoothie. Caranya dengan mencampur sayur dengan buah-buahan pilihan lalu diblender hingga lembut.

Secara teori mungkin mudah ya, tapi bagaimana pratiknya…?? Bagaimana membujuk anak, agar mereka menyukai atau setidaknya mau mencoba mengkonsumsi green smoothie…??

Berikut tiga kiat mudah membuat anak-anak menyukai smoothie sayur atau yang akrab dengan sebutan greensmoothies.

  1. Gunakan lebih banyak buah dengan rasa manis sebagai campuran sayur dalam green smoothies. Pisang, nanas, apel, kiwi, jeruk manis bisa menjadi pilihan yang tepat agar rasa dan aroma green smoothies lebih nikmat dan segar. Komposisikan lebih banyak buah ketimbang sayur, agar rasanya lebih manis dan sesuai dengan lidah anak. Selalu ingat, tidak perlu menambahkan gula atau pemanis dalam green smoothies. Bila dirasa kurang manis, cukup tambahkan buah.

  2. Percantik sajian green smoothie. Caranya bisa dengan memberi hiasan berupa potongan buah pada bibir gelas. Bisa juga dengan memberi taburan granola, kacang-kacangan, atau buah kering. Atau bahkan dengan membuat smoothie art. Mainkan imajinasi anda 🙂

  3. Gunakan pernak-pernik unik. Peralatan minum yang unik dan lucu, bisa mengundang anak keingintahuan anak untuk mencoba. Gunakan peralatan minum unik yang banyak dijual di pasaran untuk mengundang anak-anak mencicipi green smoothies buatan Anda. Atau, Anda bisa juga mencetak gambar lucu stiker bening, kemudian tempelkan pada gelas atau botol bening. Gelas atau botol ini ekslusif hanya bisa dipakai untuk minum green smoothies. Ajak anak-anak minum green smoothies dari gelas cantik itu.

Cukup mudah kan. Selamat mencoba.
Advertisements