Tags

, , , , , , , ,

Beberapa minggu lalu, saya mengalami gangguan saraf berupa kedutan di mata kanan yang cukup intens. Ternyata gangguan ini diakibatkan oleh faktor psikogenik. Ya, tanpa sadar, saya mengalami stress dan berujung pada gangguan fisik. Saat itulah, saya kembali diingatkan oleh tubuh saya untuk jauh dari stress.

Salah satu cara mudah bagi saya untuk melepaskan kepenatan seketika adalah dengan bersantai sembari menghirup aromatherapy. Biasanya, setelah menghirup aromatherapy, urat saraf langsung terasa lebih rileks dan pikiran jadi lebih tenang.

Dari beragam bentuk aromatherapy saya paling suka yang berupa essential oil. Karena essential oil idealnya diekstrak dari tanam-tanaman tanpa campuran bahan kimia, sehingga relatif aman dan bisa dipakai dengan banyak variasi. Misalnya dioleskan ke bagian tubuh, diuapkan dengan difusser, atau dilarutkan dalam air rendaman.

Belakangan saya mencoba memakai produk essential oil dari Mustika Ratu. Sedikit cerita, awalnya saya tahu produk ini karena guru yoga saya hampir selalu memakai essential oil ini di kelas. Sehingga, kami jadi lebih relaks sekaligus fokus saat kelas yoga berlangsung. Karena penasaran, kemudian saya mencoba sendiri.

Ternyata saya dan keluarga cukup cocok dengan produk ini. Bahkan dua anak saya memiliki aroma favorit masing-masing. Kakak suka dengan peppermint yang beraroma lebih tajam dan hangat, sedangkan anak bungsu saya lebih suka aroma citrus yang lebih segar. Setelah beberapa kali menggunakan essential oil Mustika Ratu, efeknya tidur saya lebih nyenyak, pikiran lebih tenang dan emosi lebih terkendali.

Berikut ulasan singkat dan penilaian pribadi saya tentang produk essential oil Mustika Ratu:

Kelebihan:

  • Banyak variasi aroma. Total ada 13 aroma yang bisa dipilih, sesuai kebutuhan.
  • Ragam aromanya sangat khas Indonesia. Bila Anda pecinta aroma rempah dan herbal Indonesia yang spesial, varian aromatherapy dari essential oil mustika ratu ini sangat menggoda. Sebut saja sedap malam (polyanthes tuberose), nilam (patchoulli), cengkeh (clove), kenanga (ylang ylang), cempaka (champaca) dan masih banyak lagi. Aroma favorit saya, citrus dan ginger. Wanginya manis, menyegarkan sekaligus menenangkan.
  • Aromanya kuat. Produk ini memiliki aroma cukup kuat. Cukup dipakai beberapa tetes saja, aromanya sudah langsung tercium dan hangatnya (untuk beberapa varian) sudah langsung terasa.
  • Harga terjangkau. Essential oil mustikaratu dijual dengan harga berkisar antara 50ribu hingga 90ribu rupiah.
  • Mudah didapat. Produk essential oil mustikaratu bisa didapatkan di gerai-gerai mustika ratu atau di taman sari spa milik Mustika Ratu. Selain itu,  Mustika Ratu memiliki official online shop sendiri, yakni kosmetikcantik.com.
Kekurangan:
  • Efeknya kurang tahan lama. Bila dioleskan, efek essential oil Mustika Ratu cukup cepat memudar dan kurang tahan lama. Bila diteteskan di kain, aroma essential oil mustika ratu hanya mampu bertahan sekitar tiga jam. Aroma dan kehangatan essential oil mustika ratu lebih awet bila diteteskan di tempat lembab. Misalnya saat dipakai menggunakan difusser atau dicampurkan dalam air rendaman.
  • Persediaan terbatas. Kadang tidak semua jenis essential oil tersedia di semua gerai. Jadi, harus pesan online untuk pilihan lebih lengkap. Namun bila ingin tahu seperti apa aromanya, harus datang dulu ke gerai mustika ratu atau taman sari spa untuk mencoba sendiri varian produknya.
  • Hanya bisa digunakan di bagian luar tubuh. Berbeda dengan beberapa produk essential oil import yang juga bisa dikonsumsi, essential oil mustika ratu hanya untuk pemakaian luar. Jadi, tidak bisa dicampurkan dalam makanan atau minuman.

Menurut saya, produk ini sangat patut dicoba terutama bagi Anda yang ingin melakukan relaksasi namun memiliki waktu dan anggaran terbatas. Selamat mencoba 🙂

