Tags

, , , ,

Salah satu tantangan menjadi ibu di era informasi serba mudah, cepat sekaligus membingungkan, adalah ketika harus memfilter dengan bijak info mana yang benar dan terpercaya. Termasuk informasi tentang kesehatan.

Biasanya, hal pertama yang saya lakukan ketika anak saya kurang sehat adalah googling. Mencari informasi-informasi yang berkaitan dengan gejala yang menimpa anak saya. Kadang memang saya mendapat pencerahan yang membantu. Namun tak jarang juga saya malah tambah bingung dengan banyaknya informasi yang saling silang tak sejalan.

Beruntung, minggu lalu telah launching aplikasi ‘Berbagi Sehat’. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur yang dapat memberikan ragam informasi lengkap mengenai cara hidup sehat dari sumber terpercaya. Yup, terpercaya. Karena aplikasi ini merupakan inovasi dari Lifebuoy yang bekerja sama dengan KlikDokter.com. Dan saya tidak perlu khawatir isinya akan kadaluarsa, karena segala info di dalamnya akan selalu diperbarui jika terdapat perkembangan penyakit atau wabah terbaru. Oke banget kan…

Aplikasi ‘Berbagi Sehat’ yang sudah dapat diunduh secara gratis di Play Store ini memiliki fitur-fitur menarik. Fitur utama adalah Gejala dan Penyakit. Fitur ini memberikan informasi tentang indikasi dan gejala penyakit yang dialami oleh anak. Fitur ini juga memberi rekomendasi penanganan pertama pada penyakit dengan gejala terkait dan dilengkapi dengan esiklopedi penyakit yang sering dialami anak.

Fitur lain yang tak kalah menarik adalah Radar Gejala Penyakit yang memungkinkan saya mendeteksi wabah penyakit yang terdapat di lingkungan sekitar. Ada juga fitur Diary Kesehatan yang membantu saya merekam catatan medis keluarga serta mencatat gejala penyakit yang sedang diderita.

Jadi, ketika saya harus ke dokter saat anak sakit, saya punya rekam gejala yang cukup rinci, sistematis dan kronologis. Bisa menyimpan foto pula. Tak perlu lagi mengingat-ingat gejala apa saja yang diderita anak, karena kita dengan mudah mencatat di aplikasi ini. Kita juga bisa menyimpan catatan imunisasi/vaksin anak. Lengkap sekali, bukan??

Ditambah lagi, dengan adanya aplikasi ini, kita tidak perlu panik ketika buku tumbuh kembang anak, terselip entah dimana. Dan semua data yang telah masukkan, sudah tersimpan dengan aman di server.

Serunya lagi, ke depannya, Lifebuoy juga sedang mengembangkan fitur dimana para ibu dapat berkonsultasi langsung secara interaktif dengan tim KlikDokter.com dan berbagi pengalaman kesehatan dengan sesama ibu.

