Tags

, , , , ,

Siapa tidak mau memiliki tubuh yang sehat dan awet muda. Salah satu cara untuk mendapatkan tubuh yang selalu fit dan bugar adalah dengan rutin mengkonsumsi buah-buahan dan sayur mayur. Karena buah dan sayur memiliki vitamin dan mineral yang sangat baik bagi metabolisme dan regenerasi sel tubuh. Namun, tahukah anda, bahwa kebutuhan vitamin, mineral dan serat baru tercukupi dengan konsumsi empat ratus gram buah-buahan segar, atau setara dengan tiga buah apel? Nah, saya pun juga baru tahu hal ini. Selama ini saya sudah termakan dengan kalimat one apple a day, keeps the doctor away. Ups!!

Informasi ini saya dapatkan saat menghadiri acara Melbourne Market Indonesia di Cilandak Town Square, 13 Mei 2016 lalu. Acara ini sekaligus sebagai bagian dari rangkaian program Now! In Season Australia, yaitu program untuk mempromosikan produk unggulan hasil pertanian dari negara-negara bagian Australia, khususnya Victoria. Kebetulan, Victoria adalah negara empat musim dengan hasil pertanian berupa buah-buahan dan sayur-sayuran yang sangat beragam sekaligus berkualitas.

Dalam acara ini pula, saya mendapati fakta yang dikemukakan oleh Konsultan Nutrisi Jansen Ongko, bahwa konsumsi buah harian masyarakat Indonesia masih rendah. Waduuhh… Padahal, hidup sehat bisa dimulai dengan mengkonsumsi buah-buahan yang segar dan berkualitas. Bahkan, dalam beragam diet sehat termasuk food combining yang saat ini memiliki cukup banyak peminat di Indonesia, menganjurkan konsumsi buah-buahan segar setiap hari.

Screen Shot 2016-05-22 at 8.08.31 PM

Dipandu Cisca Becker, Brett Stevens (Commissioner for Government of Victoria Australia for Indonesia), John Glover (Senior Advisor PT Matahari Putra Prima), Jansen Ongko (Konsultan Nutrisi) berdiskusi tentang pentingnya konsumsi buah segar.

Karena itu, demi hidup sehat dan bugar setiap hari, kita harus mulai rajin dan teratur mengkonsumsi buah-buahan segar setiap hari. Eits, tapi konsumsi buahnya jangan cuma sekedarnya ya. Jangan hanya sekedar ngemil cantik. Ingat, kita butuh 400gram buah per hari. Jadi, kuantitas konsumsi buah harus kita diperhatikan. Tak hanya itu, varian buah yang kita konsumsi juga penting. Sebaiknya kita mengkonsumsi sedikitnya tiga warna buah dalam sehari. Seperti misalnya Anggur (merah), Pear (hijau) dan Plum (ungu). Selain agar tidak bosan, juga agar kita mendapat variasi kebaikan dari setiap varian buah yang kita konsumsi.

Kalau bingung mau makan buah apa saja atau malah bosan dengan jenis buah yang itu-itu saja, nah kita sekarang bisa mengkonsumsi beragam varian buah hasil pertanian negara empat musim. Produk Now! In Season dari Victoria, Australia sudah dipasarkan di Indonesia. Nah, produk-produk Now! In Season ini bisa didapatkan di supermarket-supermarket besar, seperti Hypemart dan Foodmart.

Kenapa kita harus mencoba produk buah dan sayur dari Now! In Season. Karena, selain hasil panennya yang terbukti sangat berkualitas dan variatif, jarak dari Australia ke Indonesia sendiri cukup dekat. Sehingga, kesegaran produk buah dan sayurnya lebih terjaga. Sebab perjalanan yang ditempuh buah-buahan dan sayur-sayuran hasil panennya tidak terlalu lama. Hal ini juga berdampak pada harga jual, lho. Perjalanan yang cukup singkat dan dekat, membuat biaya pengiriman menjadi tidak terlampau mahal. Sehingga, kita bisa menikmati buah-buahan segar, berkualitas dengan harga yang cukup terjangkau. Belum lagi ditambah cukup banyak promo-promo yang kerap berlaku. Sangat membangkitkan hasrat ingin memborong.

Nah, kalau kita masih juga bosan atau malas memakan buah-buahan potong, kita bisa lho mencoba membuat aneka variasi santapan buah atau mengolah buah-buahan tersebut. Tidak perlu khawatir kehilangan nutrisi saat mengolah buah, karena ada banyak cara untuk menikmati buah-buahan dan tetap menjaga kandungan gizinya. Tuangkan kreativitas dan ciptakan kreasi resep buah-buahan kita sendiri. Misalnya dengan membuat salad, juice dan hidangan penutup. Saya sendiri, lebih suka membuat salad buah sayur. Resepnya belajar dari Chef Yuda Bustara yang kebetulan juga melakukan demo masak saat acara Melbourne Market berlangsung.

Screen shot 2016-05-22 at 7.51.31 PM.png

Four season salad

Jadi, kita tidak punya alasan lagi untuk malas atau bosan mengkonsumsi buah dan sayur segar setiap hari. Mari hidup sehat dengan mengkonsumsi buah-buahan segar berkualitas.

 

 

Advertisements