Tags

, , , , , ,

Coba diingat, kapan terakhir kali kita mendongeng untuk buah hati tercinta. Atau paling tidak, kapan terakhir kali kita membacakan buku cerita bersama anak-anak. Tidak sedikit dari kita yang jarang atau bahkan tidak pernah mendongeng untuk anak-anaknya.

Bukan tanpa sebab memang. Hidup di era teknologi dan serba digital membuat seni mendongeng semakin ditinggalkan. Ada yang menganggap mendongeng terlalu tradisional untuk diaplikasikan dalam keseharian jaman sekarang. Ada juga yang merasa terlalu lelah untuk meluangkan waktu mendongeng atau membaca buku cerita untuk anak-anak.

Padahal mendongeng memiliki banyak sekali manfaat. Baik untuk orang tua maupun untuk anak-anak. Beberapa manfaat mendongeng diantaranya:

  1. Mengenalkan pengetahuan tentang alam semesta dan isinya kepada anak. Karena di dalam dongeng tidak melulu menceritakan tentang manusia. Bisa hewan, tumbuhan, bulan, bintang, matahari, gunung dan sebagainya. Lewat mendongeng kita bisa bercerita sekaligus menambah wawasan pada anak tentang alam semesta.
  2. Mengembangkan imaginasi, menstimulasi rasa ingin tahu dan membantu perkembangan otak. Saat mendongeng, anak-anak kita ajak untuk mengimajinasikan tentang dongeng yang kita ceritakan. Bila tidak terbayangkan, mereka akan terus bertanya bagaimana begini bagaimana begitu. Rasa ingin tahu yang terus terpicu mengembangkan kemampuan berpikirnya dan tentunya membantu perkembangan otak si kecil. Hal ini membantu mengembangkan otak si kecil.
  3. Memberi wawasan tentang pelajaran hidup. Mayoritas cerita dalam dongeng terselip nilai-nilai moral di dalamnya. Dengan mendongeng, kita dapat bercerita sekaligus mengajarkan tentang kebaikan kepada anak.
  4. Mengasah kemampuan mendengar, fokus dan konsentrasi anak. Saat mendongeng, kita mengajak anak-anak untuk secara fokus pada cerita. Dengan begitu, kemampuan konsentrasi dan keterampilan mendengar pada anak pun akan terasah.
  5. Memperlancar komunikasi dan mempererat bonding orang tua dan anak. Kebersamaan bersama si kecil dan usaha menghidupkan cerita dalam dongeng tak hanya mengasah kreativitas kita sebagai orang tua, namun juga memperlancar komunikasi dengan anak-anak. Karena kita dituntut untuk menceritakan isi dongeng dengan baik agar mudah dimengeti si kecil. Ketika komunikasi terhubung dengan lancar, maka bonding orang tua dan anak pun semakin erat.

Sadar akan banyaknya manfaat mendongeng untuk perkembangan anak, Greenfields mengajak orang tua untuk menanamkan kebiasaan mendongeng untuk anak. Karena saat ini, Greenfields tengah berupaya mendukung perkembangan kesehatan anak Indonesia dengan produksi susu berkualitas. Greenfields berkomitmen untuk mempromosikan hidup sehat melalui kampanye #loveat1sttaste.

Kebetulan, sabtu 1 Oktober 2016, saya bersama dua putri saya berkesempatan menghadiri sabtu mendongeng bersama Greenfields di Lippo Mall Kemang. Acara ini seru sekali. Putri-putri saya sangat antusias mendengarkan sekaligus memperhatikan dongeng dari kak Gery. Saya sendiri juga banyak mendapat pelajaran bagaimana mendapatkan perhatian anak-anak dan mendongeng yang seru bersama mereka. Senang sekali.

screen-shot-2016-10-11-at-3-51-00-pm

Sabtu mendongeng bersama Greenfields merupakan bagian dari kampanye#loveat1sttaste yang  bertujuan untuk mengajak anak-anak untuk hidup sehat dan menggapai cita-cita mereka. Hidup sehat tak hanya melulu soal dari fisik, namun otak yang terus terstimulasi dan hati yang selalu gembira. Mendongeng sembari menikmati susu segar Greenfields merupakan kombinasi nikmat untuk mendapatkan perkembangan otak yang cerdas, hati bahagia sekaligus fisik yang kuat.

Advertisements