Tags

, , ,

Tahun 2016 boleh dibilang tahun paling berkesan bagi saya. Karena di tahun ini saya menjalani banyak hal baru dan pengalaman-pengalaman baru.

Salah satu pengalaman paling berkesan di tahun ini adalah ketika saya mengajar yoga di acara #TUMHealthyMama : Investasi Tulang Sehat untuk Masa Depan bersama Protecal. Bahagia rasanya melihat antusiasme para mama yang rela datang pagi-pagi di akhir pekan untuk olahraga bersama. Dalam hati saya menjadi terinspirasi akan semangat mama-mama cantik ini. Semangat untuk sehat, semangat untuk bahagia.

whatsapp-image-2016-12-31-at-16-36-36

pic by Dewi @deravee

Beberapa bulan sebelumnya, tepatnya sepanjang April 2016, saya mengambil program yoga teacher training. Bukan hanya karena saya pribadi suka dengan yoga, tapi jauh di lubuk hati, karena saya juga ingin menginspirasi para mama di luar sana untuk mencintai diri sendiri dengan menjaga kesehatan tubuh, pikiran dan jiwa. Saya merasa, yoga memiliki paket lengkat untuk mencapai tujuan itu. Karena itu, sejak tahun 2015 saya berusaha mencari sekolah dan menabung agar kelak saya bisa mengajar yoga. Dan alhamdulillah, tahun 2016 semua tercapai. Bahkan di penghujung tahun 2016  saya bisa mengajar di event yang diadakan The Urban Mama, tempat saya mendapat beragam ilmu seputar dunia ibu dan keluarga.

whatsapp-image-2016-12-31-at-16-35-24

courtesy: The Urban Mama

Sejak menikah dan memiliki anak, saya selalu meyakini bahwa kesehatan adalah aset yang utama. Tanpa tubuh, pikiran dan jiwa yang sehat, kita tidak bisa menjalani dan menikmati hidup sepenuhnya. Karenanya, saya pasti rela kalau harus ‘berinvestasi’ terkait masalah kesehatan. Karena, ketika kita jatuh sakit, pasti biaya, waktu dan energi yang harus dikeluarkan akan lebih besar.

Beberapa bentuk investasi kesehatan yang saya lakukan adalah saya memilih membeli juicer dengan kualitas baik agar tiap pagi saya dapat minum jus segar ketimbang harus menikmati teh atau kopi di kedai kopi yang hits. Saya pun rela tidur lebih awal dan bangun lebih awal untuk bermeditasi dan beryoga di bawah dibawah hangatnya sinar matahari pagi ketimbang meneruskan mimpi di pulau kapuk. Karena saya tahu tidur cukup, mengkonsumsi asupan sehat bergizi, serta olahraga teratur dapat memperkuat tubuh kita dan memberi peluang lebih banyak bagi kita untuk menjalani hidup berkualitas lebih lama.

Nah, tubuh yang sehat itu mencakup banyak faktor. Dari kulit, otot, metabolisme, sistem pencernaan dan tulang. Semua memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Untuk memdapatkan tulang yang sehat dan kuat misalnya, kita harus cukup mengkonsumsi kalsium dan vitamin. Juga harus rajin ‘berjemur’ di bawah sinar matahari pagi dan berolah raga, agar daya tubuh untuk menyerap vitamin D dan kalsium bisa lebih baik. Makanan-makanan terbaik yang bisa dikonsumsi untuk mencapai tulang sehat diantaranya adalah bayam, brokoli, almond, bok choy, flaxseed, kale dan biji wijen. Kalau merasa kurang cukup, kita bisa menambah asupan suplemen tulang seperti protecal agar kepadatan tulang kita tetap terjaga. Mudah kan.

whatsapp-image-2016-12-31-at-16-39-25

courtesy: The Urban Mama

Jadi, tidak ada alasan lagi ya untuk tidak menjalankan pola hidup sehat. Sesungguhnya, bila tubuh kita sehat dan tulang kita kuat, tak hanya hidup kita saja lho yang terasa lebih mudah, kita juga lebih berpotensi ‘memudahkan’ hidup orang lain. Karena saat kita sehat, kita lebih bebas melakukan banyak hal dan mengoptimalkan kualitas hidup kita.

