Tags

, , , , , , ,

Horeee…!!!

Lebaran sebentar lagi.

Mirip dengan lebaran-lebaran sebelumnya, lebaran nanti kami sekeluarga akan menjalani ritual mudik sekaligus liburan. Perjalanan kami nanti akan cukup panjang. Kami akan ke Bandung, Surabaya, dan Malang. Berkunjung dan bersilaturahmi dengan keluarga besar. Maklum, keluarga kami tersebar di beberapa kota.

Kembali ke kampung halaman tentunya tidak hanya kami manfaatkan untuk bertemu keluarga saja. Biasanya saya atau pun suami akan bertemu dan berkumpul dengan sahabat-sahabat lama. Mayoritas para sahabat ini juga sudah berkeluarga serta memiliki momongan dengan usia sebaya dengan anak-anak kami.

Kalau beberapa tahun lalu, agendanya bisa saja hanya sekedar berkumpul bersama di satu coffee shop dan saling bertukar cerita. Nah, beberapa tahun belakangan, agenda berubah menjadi playdate. 

Playdate merupakan solusi menyenangkan bagi kami, generasi Y yang rata-rata sudah berkeluarga. Para orang tua bisa saling bertemu dan anak-anak bisa saling berkenalan serta belajar bersosialisasi. Hitung-hitung menabung pengalaman bagi anak dan pelepas penat bagi orang tua. Maka, selalu pastikan lokasi playdate adalah tempat yang family & kids friendly, yakni aman, nyaman, menyenangkan serta rekreatif sesuai usia anak.

 

 

Playdate bersama si kecil, apalagi seusia Kimi (3tahun), tentu butuh persiapan memadai. Namun jangan berlebihan juga supaya kita tidak ribet sendiri. Biasanya kalau mau playdate bersama batita, saya selalu melakukan lima hal ini:

  1. Sarapan. Penting bagi si kecil untuk memenuhi kebutuhannya. Pastikan si kecil tidak dalam kondisi lapar sehingga mereka tidak cranky saat playdate.
  2. Berangkat pagi. Agar matahari tidak terlalu terik saat dalam perjalanan dan saat anak-anak bermain. Dan waktu bermain jadi lebih lama. Jangan lupa sampaikan juga pada anak bahwa kita akan berangkat pagi.
  3. Menyiapkan bekal air dan cemilan. Saat bermain, energi si kecil pasti banyak terkuras. Bekal dari rumah sangat membantu me-recharge energi mereka sekaligus menghemat pengeluaran untuk jajan di luar. Dan dijamin lebih bersih dan sehat.
  4. Membawa toiletries ukuran kecil termasuk sabun, sampo, sikat gigi dan pasta gigi, serta handuk kecil, tissue basah dan tissue kering.
  5. Sedia set baju ganti termasuk disposable diaper. Jangan sampai keringat dan ‘pengeluaran’ si kecil mengganggu aktivitas mereka. Siapkan selau pakaian cadangan yang nyaman. Untuk disposable diaper, saya selalu percayakan pada pampers. Kalau #pakaipampers, saya yakin Kimi akan nyaman beraktivitas sepanjang hari. Karena pampers mengandung lotion yang membantu menjaga kelembaban kulit si kecil.

Meski kita sudah mempersiapkan segala hal secara lengkap dan sempurna, tetaplah jalani playdate dengan santai. Tak perlu berharap anak-anak kita akan langsung akrab dengan anak-anak sahabat kita, seakrab orang tuanya. Yakinlah bahwa mereka masih akan mendapatkan keterampilan sosial yang berharga dalam menjalin pertemanan di masa depan.

Que sera sera, whatever will be will be.

Kalau mama sendiri, adakah agenda playdate dalam rutinitas lebaran nanti? Atau bahkan mama dan si kecil tengah rajin playdate untuk mengisi libur selama Ramadhan? Nah, para Urban Mama pasti sudah share juga donk cerita dan foto momen playdate mama bersama si kecil dengan sahabat-sahabat tercinta dalam #TUMPampersPhotoContest.

 

 

Bagi yang sudah berpartisipasi, tetap ikuti terus timeline social media @the_urbanmama ya. Siapa tahu, foto mama dan si kecil dengan #PakaiPampers termasuk menjadi salah satu pemenang kontes foto #PampersXTUM

Tunggu pengumumannya ya. Good luck, mama 🙂

Advertisements